Penerapan New Normal di Tempat Ibadah, PMI Cilacap turunkan relawan untuk menegcek suhu tubuh
PMI Cilacap turut membantu pelaksanaan protokol kesehatan di masa new normal

By RADEN ENDRO TEGUH KUSUMO 19 Mei 2021, 08:42:03 WIB Rilist
Penerapan New Normal di Tempat Ibadah, PMI Cilacap turunkan relawan untuk menegcek suhu tubuh

Gambar : cek suhu tubuh jamaah jumat


Cilacap – PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Cilacap turut membantu pelaksanaan protokol kesehatan di masa new normal sebelum pelaksanaan Sholat Jumat di Masjid Qoryatul Khoiriyah Jl. Urip Sumoharjo RT 01/06 Kelurahan Gumilir Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap yang kebetulan hanya berjarak 200 meter dari Gedung PMI Kabupaten Cilacap pada Juma, 3 Juli 2020.

Dua personil PMI, Kurnia Permana dan Ruci Indra Jhaladri dari unsur KSR (Korp Sukarela), diterjunkan untuk melakukan pengukuran suhu terhadap para jamaah yang akan melaksanakan Sholat Jumat di Masjid Qoryatul Khoiriyah dengan peralatan Thermo Gun (Infrared Thermometer) dan dilengkapi Rompi Merah PMI, Sarung Tangan Lateks, Masker PMI dan Face Shield.

Hasil pengecekan suhu tubuh kepada seluruh jamaah tidak ditemukan yang melebihi 37,5° C, Tidak ada yang terindikasi sedang sakit/mengalami gangguan kesehatan, seperti batuk, pilek, flu dan sejenisnya sehingga diperkenankan mengikuti sholat jumat

Dari pemantauan kami, hampir seluruh jamaah sadar dalam menggunakan masker. Hanya ada beberapa yang tidak mengenakan masker karena lupa membawa dan kepada yang bersangkutan diberi arahan oleh petugas Masjid utk mengambil masker di kendaraan/rumahnya sebelum memasuki masjid.

Ta'mir masjid telah menyiapkan beberapa galon air tempat cuci tangan menggunakan sabun, sehingga seluruh jamaah setelah diukur suhunya untuk dapat melakukan cuci tangan. Barisan shof telah diatur sedemikian rupa menggunakan penanda agar setiap jamaah berjarak dan dihimbau agar membawa sajadah masing-masing.

Jamaah terlihat membludak, hingga banyak yang harus sholat di halaman masjid, berpanas terik matahari. Dalam kondisi normal sebelum pandemik ini, biasanya seluruh jamaah tertampung semua di dalam masjid.

Dengan dilakukannya protap ini secara disiplin, diharapkan dapat mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan sekitar masjid agar kesehatan bersama dapat dijaga untuk kepentingan semua sehingga tidak akan terjadi pandemik Corona (COVID-19) Gelombang II (PMI Kabupaten Cilacap)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment